LMS Umada Upgrade, siap belajar daring dimasa Pandemi

Tahun ajaran baru, semester ganjil sedang berlansung akhirnya LMS Universitas Madako Tolitoli resmi diluncurkan dan siap dioprasikan kembali setelah upgrade ke versi terbaru. Learning Management System atau yang kita kenal dengan istilah LMS atau E – Learning ini kerap kali menjadi tajuk utama dalam bidang pendidikan dimasa Pandemi Covid-19. Situasi ini jelas mendorong dihampir semua instansi pendidikan ditanah air baik dideretan PTN/PTS, SLTA, SMP, hingga SD diharuskan memiliki Perangkat Belajar Daring guna mengisi kekosongan kegiatan aktif belajar mengajar secara tatap muka atau yang dikenal dengan istilah Luring/offline selama masa pandemi ini.

Meskipun saat ini kita berada di masa new normal dimana seluruh aktifitas termasuk belajar mengajar sudah kembali diaktifkan dibeberapa daerah dengan mengikuti standard protokol kesehatan yang ada, namun tentu saja pembelajaran daring harus tetap di adakan. Hal ini dikarenakan untuk kegiatan belajar mengajar di new normal  dianggap memiliki banyak keterbatasan misalnya saja pengurangan jam aktif belajar secara tatap muka dan pembatasan jumlah peserta didik yang terjadwal. Tentu saja ini masih kurang efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu dengan adanya perangkat pembelajaran daring ini diharapkan dapat mengisi kekurangan tersebut sehingga pelayanan pendidikan dimasa pandemi ini dapat terus ditingkatkan dan dilaksanakan sebagaimana adanya, sesuai dengan surat edaran Kemendikbud no 15 Tahun 2020 “mendapatkan layanan pendidikan dimasa darurat penyebaran Covid-19, merupakan hak bagi setiap peserta didik”.

Pembelajaran daring ini sendiri dipandang perlu untuk diadakan di tiap instansi atau lembaga pendidikan bukan karena alasan dimasa darurat pandemi Covid-19 saja. Namun, hal ini sejalan dengan perkembangan era revolusi industri 4.0, dimana Teknlogi dan Jaringan Internet menjadi hal yang vital dibeberapa bidang industri termasuk pendidikan. Bisa dikatakan bahwa masa darurat ini akan mempermulus jalannya era 4.0, sehingga mau tidak mau para pelaku yang berkecimpung dalam dunia pendidikan harus mampu menggunakan sistem pembelajaran Berbasis Online agar tidak terseret arus ketertinggalan serta mampu menghadapi kerasnya persaingan dimasa mendatang.

Universitas Madako Tolitoli sehubungan dengan dikeluarkannya surat edaran untuk melakukan pembelajaran daring dimasa darurat pandemi ini terhitung sejak 18 September sampai dengan 6 Oktober 2020 mendatang, telah siap dengan sistem pembelajaran berbasis online. Hal ini  diharapkan agar mahasiswa dapat mengikuti kegiatan aktif belajar mengajar dari rumah melalui portal lms.umada.ac.id. . Meskipun akhir-akhir ini kami sedikit terkendala dengan penggunaan waktu setelah upgrade versi LMS terbaru dimana kami harus menyesuaikan lagi, melakukan pengimputan sejumlah data pengguna baik dosen dan data mahasiswa. Namun itu bukanlah masaalah yang berarti. Kami memiliki sejumlah staf yang berkompeten dan bisa diandalkan dibidang ini. Dosen-dosen kami juga siap dan mampu mengaplikasikan Learning Management System ini. Bahkan kedepannya kami akan melakukan penambahan kapasitas server, agar siap menampung lebih banyak data pengguna dan mengatasi banjirnya traffic pengunjung (Overload Capacity).

4 thoughts on “LMS Umada Upgrade, siap belajar daring dimasa Pandemi”

  1. Sangat Mensuport apa yang telah di upayakan oleh Universitas Madako Tolitoli, dalam hal ini metode pembelajaran yang di salurkan menggunakan LMS sangat baik, Terlebih lagi LMS sudah di Upgrade. dalam hal ini Universitas berusaha dapat mencetak lulusan terbaik dan mampu bersaing di Era Revolusi industri 4.0, #Salam-Arsitek

Tinggalkan Balasan