Lebih dari 600 Mahasiswa Universitas Madako Tolitoli Kuliah Gratis

Melanjutkan Pendidikan ke kejenjang Perguruan Tinggi adalah satu kebanggan tersendiri bagi kebanyakan orang. Akan tetapi biaya pendidikan diperguruan tinggi sering menjadi hambatan bagi para orang tua agar anaknya bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Universitas Madako Tolitoli adalah salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah dalam tiga tahun terakhir (2017-2019) diberi kepercayaan oleh Pemerintah untuk mengelola dua program beasiswa yakni beasiswa BIDIKMISI dan PPA.

Pembiayaan Beasiswa Bidikmisi meliputi pembiayaan pendidikan selama di perguruan tinggi, baik berupa uang pangkal maupun SPP/BPP per semester selama 8 semester atau 4 tahun. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima uang saku untuk biaya kuliahnya yang akan diterima setiap 6 bulan sekali. Sedangkan Beasiswa PPA adalah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik yang diberikan dengan pertimbangan utama prestasi, sedangkan bantuan biaya pendidikan diberikan dengan pertimbangan utama keterbatasan ekonomi.

Pada tahun 2017 tidak kurang dari 190 mahasiswa memperoleh beasiswa Bidikmisi kemudian pada tahun 2018 meningkat menjadi 200 dan pada tahun 2019 jumlah penerima bidikmisi kembali menagalami peningkatan yang signifikan yakni sebanyak 2015 orang sehingga jumlah total penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Madako Tolitoli dalam tigan tahun terakhir adalah sebanyak 605 orang. Dengan adanya program beasiswa Bidikmisi ini tentunya membuka peluang bagi siapa saja untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi khususnya di Universitas Madako Tolitoli.

Selain itu bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan beasiswa Bidikmisi namun mempunyai Prestasi akademik yang baik juga berkesempatan untuk mendapatkan Beasiswa yang disebut dengan beasiswa PPA. Berdasarkan data tiga tahun terkahir (2017-2019) terdapat kurang lebih 350 mahasiswa Universitas Madako Tolitoli mendapatkan beasiswa PPA. Akan tetapi Beasiswa PPA hanya berlangsung selama 2 semester atau 1 tahun.

Semoga pada tahun 2020 ini Universitas Madako Tolitoli kembali mendapat kepercayaan untuk mengelola beasiswa sehingga menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah pusat dalam memberantas kesenjangan masyarakat dalam mengenyam pendidikan diperguruan tinggi utamanya di Kabupaten Tolitoli.

Mau Kuliah? Di UNIVERSITAS MADAKO TOLITOLI AJA!!!

Tinggalkan Balasan