HALAL BI HALAL “INDAHNYA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN”

Rabu 11 April 2022 Universitas Madako Tolitoli menggelar acara Halal Bi Halal yang termasuk dalam bingkai Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah oleh segenap Civitas Akademika Universitas Madako Tolitoli di Ruang Aula Kampus Umada.

acara ini bertujuan untuk mengukuhkan persaudaraan dengan mempererat tali silaturahmi antar semua keluarga besar Universitas Madako Tolitoli tanpa terkecuali. dimulai dari Tingkat Pimpinan, Pejabat, Dekan, Dosen beserta Staf dengan mengangkat tema “Indahnya Kebersamaan Dalam Keberagaman”.

sebuah tema yang sederhana namun memiliki pesan nilai yang tinggi, karena keberadaan sebuah Universitas sendiri dapat diibaratkan sebagai sebuah Negara yang tentunya terdapat banyak keberagaman dan perbedaan didalamnya (Kemajemukan). baik dari kedudukan sosial, budaya, dan agama. tentunya, semua keberagaman dan perbedaan tersebut sangat berpotensi untuk melahirkan berbagai macam konflik. dan setiap konflik yang terjadi, tentunya akan menjadi hambatan dalam menggapai visi, misi dan tujuan Universitas Madako Tolitoli kedepan.

olehnya itu, kegiatan Halal Bi Halal ini diselenggarakan guna membangun kebersamaan dengan mempererat tali silaturahmi antar semua civitas akadmika. melebur semua perbedaan yang ada dalam sebuah ikatan keluarga yang utuh. memaafkan semua ke-khilafan dan ke-alfaan masing-masing pribadi yang ada. serta bersama menata langkah menuju kearah perubahan yang nyata, sesuai dengan visi, misi dan tujuan Universitas Madako Tolitoli.

Hayatudin, SP.,MP dalam sambutannya menegaskan “Jangan jadikan perbedaan diantara kita sebagai sebuah tolok ukur atas kekurangan dan kelemahan suatu pribadi, karena diri kita tidaklah sempurna. suatu kerugian besar dan kehancuran ketika seseorang menganggap dirinya lebih hebat dan lebih sempurna dari yang lain. beliau juga menegaskan agar setiap pribadi dapat melupakan dan memaafkan dari hati atas semua sengketa yang pernah terjadi, karena pertikaian sejatinya tidak akan membawa kita pada perubahan dan perkembangan. hal yang demikian itu pula tidak akan membawa kita ke JannahNya ALLAH Jalla Jalaluhu.

Dr. Ir. Hj. Nursidah K. Bantilan, MM selaku Rektor Universitas Madako Tolitoli dalam kesempatan yang mengharu biru tersebut juga menyampaikan ” selaku pimpinan, saya telah memaafkan semuanya dan saya pula mengharapkan hal yang sama kepada kalian semua”.

beliau juga mengingatkan kembali kepada seluruh civitas akademika bahwa sebentar lagi Universitas Madako Tolitoli akan menghadapi system akreditasi Universitas. maka sudah sepatutnya kita melupakan semua sengketa yang pernah ada, melupakan hal yang kecil dan tidak berfaedah seperti itu. “jangan betah berlama-lama dan terlena dalam hal-hal yang tak perlu karena ujian yang besar tengah menanti. mari kita bersatu dan menyelaraskan langkah agar mampu melewati rintangan apapun yang datang”. pungkas beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.